Sunday, November 24, 2019

Healthy Food Healthy Mood!

Semenjak aku sudah menyapih Zyan dua bulan lalu, entah kenapa pola dan kualitas makanku jadi berantakan dan tidak sehat deh! Apalagi semenjak menggeliatnya minuman boba, kopi susu kekinian, dessert jaman now, dll. Mungkin karena merasa sudah tidak menyusui lagi jadi bebas mau makan apa saja ya. Ditambah lagi setiap harinya harus menghadapi suka duka jadi ibu rumah tangga yang menghadapi toddler dengan segala kehebohannya dan bikin elus dada 😆. Akhirnya tidak jarang mood pun ikutan berantakan. Padahal sebelumnya saat aku masih sering konsumsi makan makanan sehat, aku hampir selalu good mood dan gak moody-an banget loh. 


Nah, makanya aku tertarik sekali ketika beberapa waktu lalu aku diundang ke acara Press Conference Olivoila di daerah SCBD. Karena tema yang diusung adalah #HealthyFoodHealthyMood! 

Andrew White, Nuri Rialen, dr. Tara De Thouras, dan Ayunova

Empat pembicara yang mengisi acara pada siang itu memberi wawasan baru untuk aku. Dimulai dari Ayunova, Sgz yang menjelaskan bahwa kesehatan tubuh sangat berkolerasi terhadap mood kita. Untuk mencapai  keseimbangan tubuh yang baik, terdapat konsep 30 :70 yaitu 3 persen dari external , seperti olahraga, aktifitas dll sedangkan 70 persen adalah asupan yang Anda makan ke dalam tubuh. Asupan yang baik adalah yang menjalankan diet seimbang, yaitu memastikan kebutuhan makro (karbohidrat, Protein dan lemak) dan mikro (vitamin, zat besi dll). Apapun diet yang dilakukan sudah seharusnya dilakukan dengan 4 pilar, yaitu Right  Source, Right Portion, Right Way cook and Right Time. 


Ayunova, Sgz, Ahli Gizi

Semua hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan metabolisme tubuh. Didalam tubuh, terdapat hormon dan enzim yang sangat berperan penting dalam tubuh. Hormon merupakan hasil kerja produksi tubuh, produksi hormon ini difasilitasi oleh lemak rendah FFA. Salah satu hormon yang dihasilkan adalah hormon endorphin yang dapat memicu perasaan positif. Enzim merupakan salah satu penentu umur manusia, enzim salah satunya akan di relase untuk membantu pencernaan, semakin baik atau sehat makanan yang dimakan, maka semakin sedikit enzim yang dilepaskan, begitu juga sebaliknya dan akan mempercepat habisnya cadangan enzim dalam tubuh . Makanan yang baik akan memberikan suasana kondusif di dalam saluran cerna dan akan memberikan sinyal ke system simpatetik di otak besar. Dengan sinyal ini otak besar akan merespon dengan memberikan perasaaan senang.




Perasaan, atau yang sering dikenal dengan istilah Mood, tidak hanya masalah hati tapi juga mengenai otak, seperti yang disampaikan  oleh dr. Tara De Thouras sebagai psikolog, belian menjelaskan bahwa otak secara fisiologis terbagi menjadi otak bagian atas, tengah, depan, samping dan belakang. Bagian atas berfungsi untuk memory, kreativitas, konsentrasi dll, hal –hal ini yang membangun kinerja. Bagian belakang otak merupakan bagian yang mengatur emosi. Bila bagian ini bekerja terlalu keras, maka akan menghalangi sinyal ke bagian atas otak, sehingga kinerja tidak akan baik. Efek lain dari bagian otak yang terlalu keras, akan menghalangi aliran sinyal ke bawah otak dan menghasilkan “Fight or Flight” mode on. 

Fight akan menyebabkan kita bersikap agresif dan emosi yang meledak-ledak. Flight akan menyebabkan sikap acuh , tidak menerima keadaan dan cenderung meninggalkan segala tugas yang ada. Penjelasan tersebut menegaskan bahwa suasana hati sangat mempengaruhi kinerja dan akhirnya akan menghalangi kesuksesan anda. 

Dari dua nara sumber diatas bisa disimpulkan bahwa asupan makanan menjadi sangat penting sekali, tidak hanya untuk pencernaan tapi juga terhadap mood dan kinerja untuk  mencapai kesuksesan. Salah satu asupan makanan yang baik adalah Minyak Zaitun. Sebuah brand Olive Oil yang akan dibahas lebih lanjut ini sudah menyandang predikat "Gold Award Winner" dalam kompetisi minyak zaitun sedunia pada tahun 2018 (NYIOOC World Olive Oil Competition)loh! Keren yaa!


Nuri Rialen, Head of Marketing Olivoila

Nuri Rialen,selaku Head of Marketing Olivoila,  memperkenalkan Olivoila, Extra Virgin Olive Oil yang langsung di import dari Italy, yang dikenal sebagai salah satu negara produsen olive oil terbaik di dunia. Olivoila, Extra Virigin Olive Oil memiliki keunggulan :

1.Menggunakan teknologi proses “cold press”
Produk ini diolah tidak sampai 24 jam setelah dipetik dengan teknologi proses “cold press”sehingga menghasilkan minyak yang segar, murni, dan tinggi nilai nutrisi. 

2.Impor dari Italia
Dibuat dari buah zaitun segar dari perkebunan Italia dengan tanah dan cuaca yang baik untuk menghasilkan buah zaitun terbaik di dunia.

3.Kemasan terbaik dan ekslusif
Dikemas dengan teknologi tinggi dalam botol kaca yang gelap dan eksklusif untuk melindungi minyak dari cahaya dan udara yang dapat merusak kualitas minyak. Segel rapat pada tutup botol juga menjaga aroma tetap prima. 

4.Asam lemak rendah
Kandungan asam lemak yang rendah membuat Olivoila memiliki stabilitas yang sangat baik. Rendahnya kadar asam lemak ini menandakan kecepatan proses press yang dilalui. 


Andrew White, Public Figure 

Dengan karateristik dan keunggulan Olivoila tersebut, memang sangat baik menjadi salah satu produk untuk healthy lifestyle, hal ini juga disepakati oleh Andrew White, Public figure yang dikenal dengan gaya hidup sehat. Sejak lama , Andrew sangat selektif dalam memilih sumber minyak untuk mengolah masakan. Minyak yang dipilih adalah Olivoila, olive Oil yang sudah dikenal kualitas dan pengaruhnya terhadap kesehatan untuk seluruh keluarga. Andrew merupakan salah satu contoh penerapan hidup sehat yang mempengaruhi mood yang baik dan akhirnya berpengaruh positif terhadap karir dan kehidupan pribadinya.





Dalam upaya mendukung kebutuhan akan gaya hidup sehat, Olivoila Extra Virgin Olive Oil meluncurkan program “Healthy Food Healthy Mood” yang akan dibuka dengan “Free Olivolia Salad” dan dilanjutkan dengan “Olivoila 30 Days Challenge.

("Free Olivolia Salad” adalah program sampling dengan membagikan 1000 Olivoila Salad gratis untuk karyawan perkantoran. Masyarakat yang ingin ikut ambil bagian dapat mendaftarkan diri di www.olivoila30dayschallenge.com. Dalam program ini pula, Olivoila akan menyediakan 1000 e-voucherberupa potongan harga sebesar Rp 25.000 untuk pembelian produk Olivoila Extra Virgin Olive Oil.)

(“Olivoila 30 Days Challenge”,yaitu program gerakan hidup sehat dengan Olivoila Extra Virgin Olive Oil selama 30 hari yang juga dapat diikuti dengan cara melakukan pendaftaran di www.olivoila30dayschallenge.com. Dalam program ini, peserta akan diminta untuk mengunggah foto dengan produk Olivoila dan captiontentang pengaruh makanan sehat terhadap mood-nya. Mereka yang beruntung akan mendapatkan tiket ke Italia untuk 2 orang dan hadiah hiburan lainnya.)

Melalui program ini, Olivoila berharap masyarakat akan lebih sadar betapa pentingnya mengkonsumsi nutrisi sehat dan diet seimbang untuk menjaga kesehatan fisik dan mood demi mencapai kesuksesan. 








No comments:

Post a Comment